Cara Membuat Daftar Isi dan
Mail Merge
1. Daftar isi adalah sebuah bagian
penting yang ada di dalam sebuah buku/bacaan dengan daftar isi inilah kita bias
mengetahui letak dimana halaman yang ingin kita baca/kita cari. Daftar Isi ini bisa
bisa dibuat dengan dua cara, Yaitu dengan cara
otomatis dan cara manual .
A. Daftar isi Manual.
a. pertama buat dahulu bagian bagian/apa saja yang ada dalam bacaan/buku yang mau dibuat.
b. kedua blok bagian bagian tersebut,setelah itu klik kanan klik paragraph lalu klik tabs,pada kolom tab stop position isi sesuai dengan kebutuhan.
c. Setelah itu pilih no 2 pada kolom leader, klik ok. klik kursor tepat didepan bagian bagian daftar isi lalu tekan tombol tab pada keyboard setelah itu beri halaman yang sesuai.
B. Daftar Isi Otomatis
a. Pertama buat dahulu tulisan/buku/bacaan
b. setelah jadi blok pada judul misalkan "Bab1,Bab2,Bab3,Pendahuluan,Kata Pengantar," lalu pilih Heading 1
c. bila dalam bagian Bab1 ada sub bab nya misalkan "Latar Belakang,Rumusan Masalah" kita blok dan pilih Heading 2
d. dan jika di dalam sub bab 1 terdapat lagi sub bab, maka sub bab itu di blok dan pilih Heading 3, Berlaku juga pada Bab 2 dan Bab 3
e. Setelah selesai memilih Heading, pergi ke References ===> Table of contens ===> Custom Table of Contens ===> lalu edit sesuai kebutuhan ===> klik ok
f. Selesai Selamat Menikmati.
2. Mail Merge
Mail Merge adalah sebuah fitur atau fasilitas yang disediakan oleh microsoft word untuk memudahkan kita untuk membuat Sertifikat,Surat, Undangan, DLL.
berikut ini adalah cara memakai/menggunakan Mail Merge.
Sebagai contoh saya ingin membuat Sertifikat
a.Pertama tama buat data seperti nama,alamat,TTL di microsoft exel Sepeti ini:
Nama: | Alamat: | TTL: |
Tomi | Malang | papua, 28 oktober 1990 |
agus | sidoarjo | sidoarjo,21 juni 1986 |
ariffin | surabaya | sidoarjo, 1 januari 1990 |
Lalu save, setelah data di microsoft exel di save buka microsoft word
b.Lalu buat data Seperti dibawah ini:
Nama:
Alamat:
TTL:
c. masuk ke menu MAILINGS===> klik Select Recipients ===> klik Use an Exiting List ===> cari data microsoft exel yang udah di save tadi ===> pilih sheet lalu ok ===> klik insert merge field ===> klik preview ===> klik tombol previous record / next record (ada di dalam sub menu preview result)
f. Selesai, Sekarang sertifikatnya sudah jadi.
0 komentar:
Posting Komentar